Cara Mengajukan Klaim Kepada Perusahaan Asuransi Anda

Cara Mengajukan Klaim Kepada Perusahaan Asuransi Anda

Memiliki asuransi pastinya membuat Anda lebih tenang saat musibah terjadi. Setidaknya Anda tahu bahwa Anda terlindungi secara finansial dan mendapatkan manfaat dari asuransi yang sudah Anda miliki. Sebagai contoh saat Anda memiliki asuransi penyakit kritis, Anda akan lebih tenang dalam menjalani pengobatan tanpa memikirkan besarnya biaya yang mungkin akan ditimbulkan selama Anda menjalani proses penyembuhan. Anda juga dapat fokus agar Anda dapat segera sehat kembali dan dapat kembali bekerja. Yang perlu Anda lakukan adalah mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi agar manfaat asuransinya segera Anda dapatkan.

Namun karena kurangnya pengetahuan, tidak jarang pemegang polis justru bingung bagaimana cara mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi, tidak jarang hal ini menyebabkan klaim justru tidak jadi diajukan atau mungkin karena kesalahan menjadi ditolak oleh perusahaan asuransi Anda. Jika sudah demikian manfaat asuransi dalam menanggung resiko justru tidak terpenuhi dan Anda akan merugi. Padahal mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi tidaklah sulit, yang terpenting adalah Anda harus memastikan polis Anda dalam keadaan aktif dan semua data diri yang Anda berikan kepada perusahaan asuransi saat pembukaan asuransi juga semuanya benar. Jika kedua hal tersebut sudah terpenuhi, yang perlu Anda lakukan hanya melakukan beberapa langkah dana pertanggungan dari perusahaan asuransi Anda bisa turun sesuai dengan perjanjian di polis yang Anda miliki.

Bagaimana langkah yang perlu Anda lakukan untuk bisa mengajukan klaim asuransi tanpa masalah? Perhatikan lima tahapan berikut untuk bisa mendapatkan manfaat asuransi yang memang sudah seharusnya Anda peroleh.

  1. Ajukan tepat waktu dan tempat

Setiap polis asuransi memiliki perjanjian masing-masing yang biasanya dituangkan secara tertulis. Biasanya terdapat perjanjian mengenai waktu dan tempat agar pengajuan klaim asuransi dapat dilakukan. Terkadang ada batasan area seperti hanya di dalam negeri, namun juga ada polis asuransi yang berlaku secara internasional. 

Untuk masalah waktu Anda tentunya tidak diperbolehkan menunda-nunda proses pengajuan klaim asuransi, semakin Anda menunda, semakin besar kemungkinan klaim asuransi Anda ditolak oleh perusahaan asuransi. Jika sudah ditolak, pembayaran polis asuransi yang Anda lakukan selama ini akan sia-sia sebab tidak ada manfaat yang dapat Anda peroleh. Perusahaan asuransi biasanya memberikan tenggang waktu untuk pengajuan klaim, biasanya abtas waktu pengajuan klaim maksimal adalah 30 hari dari waktu kejadian. Dalam kasus ini sangat penting Anda membaca dan memahami perjanjian asuransi yang sudah Anda sepakati.

  1. Hubungi Agen atau Call Center

Langkah selanjutnya adalah menghubungi Agen asuransi Anda atau menghubungi langsung Call Center perusahaan asuransi. Menghubungi Agen asuransi atau Call Center sangat penting untuk memperlancar pengajuan klaim Anda, Agen atau Call Center juga akan memberikan arahan dan informasi mengenai prosedur pengajuan klaim. Contoh informasi yang penting adalah berkas apa yang Anda harus disiapkan dan berapa lama proses penajuan klaim hingga manfaatnya dapat Anda rasakan. 

Cara paling simpel adala menelepon Agen asuransi yang memang menangani polis Anda sejak awal. karena Agen tersebut mengetahui isi polis Anda secara detail serta dapat memberikan Anda saran dan pendampingan mengenai langkah apa saja yang selanjutnya mesti Anda lakukan untuk mengajukan klaim asuransi yang tepat. Namun jika memang ada kendala terkait hubungan dengan agen asuransi, menghubungi call center perusahaan asuransi pun tidak menjadi masalah karena dari sana Anda dapat memperoleh gambaran yang lebih umum mengenai apa saja syarat pengajuan klaim.

  1. isi folmulir dan kumpulkan semua berkas secara lengkap

Setelah mendapat informasi langkah selanjutnya yang Anda lakukan adalah mengisi formulir pengajuan klaim dan mengumpulkan semua berkas yang dijadikan syarat klaim asuransi. Contohnya pada asuransi penyakit kritis Anda umumnya akan diminta menyiapkan vonis dokter mengenai penyakit Anda, pastikan Anda meminta dokumen tersebut untuk pengajuan klaim kepada perusahaan asuransi Anda.

  1. Serahkan dokumen kepada perusahaan asuransi

Langkah terakhir adalah menyerahkan dokumen dan formulir klaim kepada perusahaan asuransi. Biasanya jika Anda sudah menghubungi Agen asuransi, Anda akan dibantu pada proses ini. 

Setelah seluruh proses dijalankan dengan baik, sebisa mungkin Anda harus mengetahui kapan perkiraan klaim Anda akan mendapatkan jawaban. Perusahaan asuransi akan memeriksa seluruh berkas yang Anda kirimkan, baik dari dokumen pelengkap sampai formulir pengajuan klaim. Jika semua syarat terpenuhi dan tidak ditemukan keganjilan dalam klaim Anda, manfaat asuransi Anda umumnya bisa keluar sebelum 30 hari dari waktu penyerahan dokumen pengajuan klaim asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.